Penyerahan Bantuan Alat Mesin Pertanian dan Sarana Prasarana Nelayan

Tana Lia, 4 Juli 2024 - Bupati Tana Tidung bersama Ketua DPRD Tana Tidung, didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Sosial, serta Camat Tana Lia, menghadiri acara penyerahan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dan sarana prasarana nelayan yang diadakan di halaman Kantor Camat Tana Lia pada Kamis, 4 Juli 2024.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tana Tidung menyampaikan sambutannya yang menekankan pentingnya bantuan tersebut untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian. "Dengan adanya penyediaan alat mesin pertanian ini akan mampu meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian. Untuk itu, kepada kelompok tani yang menerima diharapkan agar dapat digunakan dan dijaga dengan baik supaya Alsintan bisa bertahan lama," ujar Bupati.

Bupati juga menekankan pentingnya perawatan dan pemanfaatan Alsintan untuk kepentingan kelompok tani di wilayah masing-masing. "Kelompok tani penerima bantuan ini harus terus menjaga dan merawat dengan baik serta memanfaatkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) yang diterima untuk kepentingan kelompok tani di wilayah masing-masing dan sekitarnya," tambahnya.

Selain Alsintan, Pemerintah Kabupaten Tana Tidung melalui Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan juga menyerahkan bantuan berupa mesin ketinting bagi para nelayan, yaitu 10 unit perahu beserta mesin ketinting. Adapun rincian bantuan yang diserahkan pada hari ini meliputi:

  • Traktor roda dua sebanyak 5 unit
  • Mesin pompa air sebanyak 5 unit
  • Perahu ketinting sebanyak 10 unit

Bupati berharap penyerahan bantuan Alsintan dan sarana prasarana nelayan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Tana Lia. "Semoga penyerahan bantuan Alsintan dan sarana prasarana nelayan dapat bermanfaat buat masyarakat Tana Lia," ucap Bupati Tana Tidung.

Usai menyerahkan bantuan Alsintan, Bupati Tana Tidung beserta rombongan meninjau perusahaan sawit yang berada di wilayah Kecamatan Tana Lia. Kunjungan tersebut dilanjutkan dengan melihat jalan masuk ke Desa Sambungan Selatan yang telah diaspal serta pembangunan Rumah Adat Tidung yang hampir mencapai 70% penyelesaiannya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyempatkan diri untuk berbelasungkawa ke kediaman salah satu warga yang sedang berduka. Kehadiran Bupati dan rombongan diharapkan dapat memberikan semangat dan dukungan moral kepada masyarakat setempat, menunjukkan kepedulian pemerintah terhadap warganya.

Acara ini mencerminkan komitmen Pemerintah Kabupaten Tana Tidung dalam mendukung sektor pertanian dan perikanan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan sarana dan prasarana yang memadai.