Rembuk Desa di Ruang Pertemuan RSUD Dr. H. Jusuf Sk Tarakan

Tarakan, 4 Juli 2024 - Rembuk Desa yang dilaksanakan di ruang pertemuan RSUD Dr. H. Jusuf Sk Tarakan pada Kamis, 4 Juli 2024, menjadi momentum penting bagi pembangunan desa di Kalimantan Utara. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara, yang dalam sambutannya menyampaikan komitmen pemerintah provinsi untuk terus mendukung dan memajukan desa-desa.

Dalam pidatonya, Gubernur menegaskan bahwa Pemerintah Kalimantan Utara telah mengalokasikan anggaran yang memadai untuk program-program pemberdayaan desa. "Kami berkomitmen untuk terus mendukung memajukan desa-desa di Kalimantan Utara. Anggaran yang cukup telah dialokasikan untuk program-program pemberdayaan desa. Pemerintah juga terus mendorong desa-desa untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahannya," ujar Gubernur.

Beliau berharap agar melalui Rembuk Desa ini, dapat dihasilkan rumusan yang konkret dan terukur untuk memajukan desa-desa di Kalimantan Utara. "Saya berharap pada Rembuk Desa ini dapat menghasilkan rumusan yang konkret dan terukur untuk memajukan desa-desa di Kalimantan Utara," tambahnya.

Selain itu, acara tersebut juga menjadi ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa berprestasi di Kabupaten Tana Tidung. Kabupaten ini berhasil meraih lima penghargaan dalam berbagai kategori, yaitu:

  1. Juara 1 Desa Limbu Sedulun dalam Lomba Kader dan Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2024.
  2. Juara Terbaik 1 Pemerintah Kabupaten Tana Tidung dalam Membina Pemerintahan Desa dan Kelurahan untuk Penginputan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2024.
  3. Juara 1 Terbaik Pemerintahan Kabupaten Tana Tidung dalam Membina Pemerintahan Desa dan Kelurahan untuk Penginputan Profil Desa Tahun 2024.
  4. Juara 2 Desa Sambungan Selatan dalam Lomba Teknologi Tepat Guna Inovasi Tingkat Provinsi Kalimantan Utara.
  5. Juara 3 Desa Sengkong dalam Lomba Desa dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Utara.

Prestasi yang diraih oleh desa-desa di Kabupaten Tana Tidung ini merupakan bukti nyata dari upaya dan kerja keras pemerintah daerah dalam membina dan mengembangkan desa-desa di wilayahnya. Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi desa-desa lainnya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahannya demi kesejahteraan masyarakat.

Rembuk Desa ini menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan di tingkat desa untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan merumuskan strategi yang efektif dalam pembangunan desa. Dengan adanya komitmen dari pemerintah provinsi dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan desa-desa di Kalimantan Utara dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan daerah.