Wabup Buka Sosialisasi Cara Pengajuan Izin Baru Pembaharuan Daftar Ulang SIUP Perikanan Budidaya Tam

Tarakan, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan menyelenggarakan Sosialisasi tata cara pembaharuan daftar ulang surat ijin usaha perikanan (SIUP) sektor perikanan budidaya tambak di wilayah Kabupaten Tana Tidung Tahun 2018 yang dilaksanakan di hotel Monaco. Acara sosialisasi dibuka oleh Wakil Bupati Tana Tidung Markus, SE., MM. Kamis (8/2/2018).

Wakil Bupati Kabupaten Tana Tidung Markus, SE.,MM dalam sambutannya mengatakan, pajak dan retribusi memiliki pengertian yang berbeda dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 Pasal 1 Ayat 10 menjelaskan pajak daerah adalah kontribusi wajib kepada daerah yang terhutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-undang dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung.

"Terkait dengan pelayanan tersebut saya meminta kepada Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan dan Dinas Perijinan, Penanaman Modal,Transmigrasi dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah untuk bersinergi dalam menyatukan persepsi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, mampu melakukan pemutakhiran data secara periodik, mampu memberikan pelayanan prima yang tepat waktu dan tepat jumlah,"katanya.

Berdasarkan data teknis luas tambak di Kabupaten Tana Tidung sebanyak 36.961 izin. Sektor ini merupakan salah satu sektor perikanan yang dapat di jadikan salah satu sumber peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pembayaran pajak dan retribusi bidang perikanan diharapkan dapat menjadi salah satu sumber pendapatan dan pembiyayaan keuangan daerah dengan tetap mengedepankan pelaksanaan hak dan kewajiban.

Untuk itu Wabup Markus berharap kepada seluruh pelaku usaha tambak melalui kesempatan ini mengajak mengikuti setiap prosedur sesuai dengan aturan yang berlaku. Bagi para pelaku usaha pasti ada aturan yang mengikat dan wajib untuk dilaksanakan, demikian halnya dalam pengurusan pembaharuan izin usaha "mari bersama kita bersinergi menyatukan persepsi dalam upaya pelaksanaan segala hak dan kewajiban sebagai bagian tak tetpisahkan dari perwujudan kesejahteraan bersama,"ujar Wabup Markus saat membuka acara tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan M.Idham Nur,S.HUT juga mengatakan,berdasarkan data luasan lahan tambak tersebut mengalami peningkatan yang siknifikan. Akan tetapi dari peningkatan tersebut belum mampu memberikan kontribusi yang seimbang untuk pemerintah KTT yakni melalyi besaran penerimaan PAD di sektor perikanan (Tambak). Berdasarkan data hasil pemetaan satelite Tahun 2017 luas lahan tambak di KTT seluas 36.960,9 Ha yang tersebar di tiga kecamata,Sesayap Hilir, Tana Lia,dan Betayau.

"Adapun luasan lahan tambak berdasarkan status kawasan sebagai berikut APL seluas 15.930,69 Ha, HP seluas 20.370,90 Ha dan HPK seluas 659,39 Ha. Maka pemerintah KTT dalam hal ini khususnya Dinas Pertanian,Pangan dan Perikanan harus dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dengan bijak yang di tentukan dalam peraturan daerah KTT Nomor 19 Tahun 2012 tentang perizinan tertentu serta peraturan Bupati Nomor 30 Tahun 2013 tentang petunjuk teknis standar pelayanan perizinan tertentu dan perizinan lainya,"ujar M.Idham Nur

Tambahnya, tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, Inventarisasi data base wajib pajak sektor perikanan, Inventarisasi data pemilik tambak, penguatan kelembagaan kelompok pembudidaya ikan Tambak, pendampingan teknis bagi para pelaku usaha, Tersosialisasikanya peraturan bupati dan peraturan daerah serta meningkatkan kesadaran Stakeholders dalam membayar pajak retribusi daerah melalui sosialisasi peraturan Perundang undangan.

"Saya mengharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan pemahaman seluruh sumber daya aparatur terhadap tugas pokok dan fungsi di bidang teknis perikanan,pendataan, pendaftaran ,penetapan penagihan maupun pembukuan pajak dan retribusi daerah,terlaksana sesuai dengan sistem dan prosedur serta peraturan yang berlaku,serta menggalu sumber sumber potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD),"harap M.Idham Nur.

Turut hadir selaku Narasumber Sekretaris Lingkungan Hidup KTT Didik Darmadi, ST, Kadis Perijinan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kurono,SE, Kadis Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Sehan, SE., M.Si Serta Kadis Pertanian Pangan dan Perikanan M.Idham Nur, S.HUT serta Asisten I Ibrahim Adam para tamu undangan Kepala OPD Kabupaten Tana Tidung Serta para camat dan seluruh Pemilik tambak. (Diskominfo-KTT)

 


Kalender

Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28

Berita Terbaru

Label