Wabub Tinjau Prasarana Perikanan Budidaya Pembangunan Mina Padi

Tideng Pale, Wakil Bupati Tana Tidung Bapak Markus, SE.,MM didampingi Kabid Pertanian Pangan dan Perikanan Bapak Rudi Api beserta jajarannya meninjau Pengembangan Sarana dan Prasarana Perikanan Budidaya Pembangunan Minapadi Desa Tideng Pale, Desa Sedulun, dan Desa Sesayap Hilir yang luas keseluruhannya 2,5 Hektar, (Selasa 10/10/2017)

Mina padi adalah suatu bentuk usaha tani gabungan (combined farming) yang memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya ikan air tawar. Mina padi dengan demikian meningkatkan efisiensi lahan karena satu lahan menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas pertanian sekaligus.

Kelompok Tani di Kabupaten Tana Tidung saat ini tengah mengembangkan kegiatan usaha ekonomi Produktif berupa Mina Padi. Puluhan hektar Sawah yang tengah ditanami Padi sekaligus dijadikan lahan usaha Budidaya ikan seperti Ikan Nila, Ikan Lele, dan ikan air tawar lannya.

Wakil Bupati Tana Tidung Markus, SE.,MM mengatakan bahwa usaha Mina padi mulai dilakukan Petani pada tahun 2017. Rata-rata setiap Petani selain menanam padi sekaligus memelihara ikan sehingga menghasilkan keuntungan ganda. Jenis benih ikan yang banyak ditebar para Petani di Kabupaten Tana Tidung ini adalah ikan nila, ikan lele, ikan mas, dan ikan patin. Setelah dipelihara dalam kurun wakty 2 hingga 3 bulan, ikan-ikan sudah tumbuh besar dan siap dipanen. Usaha Mina Padi menguntungkan Petani karena selain untuk mencukupi kebutuhan Gizi keluarga juga bisa dijual guna menambah penghasilan, ujar wabup.

Wakil Bupati sangat memberikan apresiasi yang tinggi atas kreatifitas kelompok Tani yang melakukan usaha mina padi untuk yang pertama kalinya diterapkan di Kabupaten Tana Tidung. Usaha tersebut dinilai memberikan tambahan kesejahteraan karena selain bisa memanen padi sekaligus juga memanen ikan. Diharapkan pada masa-masa mendatang secara optimal agar hasilnya banyak. “harap Wabub.

Kabid Pertanian Pangan dan Perikanan bapak Rudi Api mengatakan bahwa Mina Padi ini merupakan konsep baru yaitu konsep Budidaya perikanan yang terintegrasi dengan bidang lain. Seperti budidaya padi, budidaya hortikultura, buah-buahan, peternakan dan perikanan. Untuk jenis ikan yang akan dikembangkan yaitu ikan yang mempunyai suklus pemeliharaannya tiga bulan seperti ikan mas, ikan lele, ikan patin dan ikan nila.”tuturnya

Lanjutnya, untuk jenis padi juga harus padi yang tiga bulan sehingga masa panennya bisa bersamaan, dan untuk tanggulnya karena tanggulnya lebar sehingga bisa di fungsikan untuk budidaya sayur-sayuran dan buah-buahan. Bapak Rudi Api juga mengatakan harapan dari Pemerintah Kedepannya ketahanan pangan khususnya ikan, padi dan buah-buahan di Kabupaten tana Tidung lebih kuat selain dikonsumsi untuk keluarga bisa juga orentasi bisnis kedepannya, ungkap Rudi Api.


Kalender

Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31

Berita Terbaru

Label