Prosesi Penurunan Maligai dan Pepadau bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta

Tideng Pale, Pembukaan pesta rakyat dan budaya yang dirangkai dengan penurunan maligai dan pepadau 2200 pepadau (Perahu) disungai Sesayap, Sabtu (16/9/2017) Siang. Prosesi Penurunan Maligai dan Pepadau sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta. Penurunan maligai dan pepadau diikuti oleh pelajar, aparatur sipil negara dan masyarakat Kabupaten Tana Tidung dalam ikut serta memeriahkan pesta rakyat dan budaya yang dilaksanakan di sheet pile Tideng Pale. Tampak ribuan pembawa maligai dan pepadau memadati sepanjang jalan wisma. Walaupun cuaca  sangat terik tetapi tidak menyurutkan semangat para pembawa Maligai dan Pepadau untuk sampai di sheet pile yang telah ditentukan panitia untuk penurunan Maligai dan Pepadau.

Penurunan Maligai dan Pepadau tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalimantan Utara Udin Hianggio didampinggi Bupati Tana Tidung Dr.H.Undunsyah,MH.MSI dan Wakil Bupati Markus,SE.MM beserta Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Sekkab KTT Drs.H.M.Yusuf Badrun,M.AP yang secara simbolis menghanyutkan perahu-perahu kecil (Pepadau) tersebut ke sungai. 

Dulu Maligai terbuat dari pelepah pohon rumbia dengan berkembangnya zaman modern seperti sekarang ini Maligai sudah terbuat dari kayu, pada saat itu suku Tidung percaya jika memberi makan kepada laut dan darat dapat menyembuhkan segala penyakit dan dapat menolak bala. Bagi orang tidung proses ini sangat sakral. Maligai merupakan rumah yang agung yang dipercaya, dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit.

Sementara memasuki usia ke 10 tahun, Pemerintah Kabupaten Tana Tidung lebih fokus terhadap percepatan seluruh pembangunan. Bahkan untuk membuka akses jalur transportasi dan perekonomian masyarakat, Pemerintah KTT sudah membuka jalan sepanjang 250 kilometer. Bupati Tana Tidung Dr.Undunsyah, MH., M.Si optimis tahun 2020 progres pembangunan di Kabupaten Tana Tidung dapat rampung.

 

 

 

 


Kalender

Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31

Berita Terbaru

Label