Pengembangan Pertanian Lahan Basah (Persawahan) di Kabupaten Tana Tidung

Tideng Pale, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung meninjau Pengembangan Pertanian Lahan Basah (Persawahan) di Desa Tideng Pale, Kamis (25/1/2018)

Kebutuhan akan pangan kian hari kian meningkat, begitu pula dengan kebutuhan pangan di Kabupaten Tana Tidung yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.

Menurut Kepala  Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Idham Nur, hingga saat ini kebutuhan pangan khususnya makanan pokok yaitu Beras untuk Tana Tidung adalah sebanyak  3266 Ton Beras atau jika di konversike dalam Gabah Kering Giling maka sebesar 5267 Ton, dan dari jumlah tersebut sebesar 60% masih di pasok dari luar daerah sementara luas area Tanam Padi baik padi sawah maupun padi Ladang sebesar 662 Ha, ungkapnya.

Idham Nur juga menjelaskan, guna tercapainya swasembada padi di Kabupaten Tana Tidung maka Pemerintah Kabupaten TanaTidung melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan melakukan beberapa program guna meningkatkan produksi padi. Yang pertama dengan melakukan ekstensifikasi padi sawah, dimana pada tahun 2017 Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan telah selesai melaksanakan perluasan areal sawah seluas 25 Ha di Desa Tideng Pale.Penanaman perdana telah dilaksanakan pada awal januari tahun 2018 sehinga diharapkan pada akhir bulan april dapat dilakukan panen dan di prediksi dapat memberikan tambahan produksi sebesar 100 ton dari lahan baru tersebut, jelasnya.

Selanjutnya untuk peningkatan produksi padi dilakukan juga instensifikasi, berupa penggunaan benih padi unggul bersertifikat dimana di desa Tideng Pale digunakan dua Varietas unggul Nasional yaitu Cibogo dan Cimelati. Selanjutnya pemberian pupuk secara tepat dan penggunaan metoda budidaya yang baik dimana metode yang diaplikasikan pada sawah di Desa Tideng pale adalah metode jajar Legowo, ungkapnya.

Idham juga menambahkan bahwa program-program tersebut akan terus dilaksanakan jika capaian hasilnya memenuhi target yang sudah dicanang kan dalam RPJMD KTT.

 


Kalender

Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28

Berita Terbaru

Label