Lomba Menyumpit diiukti 120 Peserta, dalam Rangka Memeriahkan HUT RI 72 dan HUT KTT ke-10

Tideng Pale, Menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-72 dan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tana Tidung ke-10 beragam cara dilakukan, salah satunya lomba menyumpit yang diadakan oleh Dinas Pendidikan.  Bupati Tana Tidung Dr. H. Undunsyah, MH., Msi yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Jafar Sidik, SE membuka secara resmi lomba menyumpit yang diselenggarakan di halaman belakang Gedung DPRD Tana Tidung, Jumat (15/9/2017).

Tujuan diselenggarakannya kegiatan lomba sumpit tersebut, sebagai upaya untuk mempertahankan dan mengangkat kearifan budaya daerah dan sebagai ajang untuk mengasah dan melatih kemampuan para peserta guna mendapat prestasi yang lebih baik serta untuk menggali potensi serta bakat menyumpit yang dimiliki oleh para peserta lomba. Budaya yang sudah ada harus dipertahankan dan dilestarikan, demi kelangsungan anak dan cucu generasi mendatang. Sehingga, dengan adanya pelestarian budaya seperti ini, kita berharap, generasi penerus bangsa dapat berbudaya dalam kehidupan. Sekaligus mengangkat kembali serta melestarikan adat istiadat dan hukum adat, agar dapat dipertahankan dalam kehidupan masyarakat dayak, sebagai ikon dalam menghadapi era globalisasi budaya asing yang dapat merusak prilaku masyarakat dayak khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya. Lomba sumpit juga diharapkan dapat menggugah semangat generasi muda dalam pelestarian tradisi budaya menyumpit.

Sementara, panitia pelaksana lomba sumpit, Ibau menjelaskan bahwa lomba sumpit dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 72 Tahun 2017 dan HUT KTT ke-10 diikuti oleh pegawai negeri sipil dan masyarakat umum. Jumlah peserta yang mengikuti lomba sebanyak 120 peserta, dengan kategori putra sebanyak 25 orang, putri sebanyak 16 orang,” ujarnya.

Ibau menambahkan saat lomba berlangsung, setiap peserta diberikan 5 anak sumpit. Aturan lomba, peserta harus berupaya agar anak sumpit mengenai sasaran tembak dengan tepat dan akurat. Jarak antara peserta dan sasaran tembak sekitar 25 meter untuk kategori pria dan untuk kategori putri 20 meter. Untuk menembakkan 5 anak sumpit, para peserta hanya diberikan waktu selama tiga menit.

Untuk mendukung lomba supaya berjalan lancar dan sukses, kami sudah menunjuk tim untuk mengatur waktu, juri lintasan dan juri rekapitulasi nilai,” terangnya.

Pada lomba tersebut, pada kategori putra, juara 1 diraih Parlin dari desa Belayan Ari, juara 2 diraih Hasril dari Desa Tideng Pale dan juara 3 diraih Lengki dari Desa Belayan Ari.

Sedangkan untuk kategori putri, juara 1 diraih Erni Desa Belayan Ari, Juara 2 diraih Margia Astuti Desa Gunawan dan juara 3 diraih Ruthina R Desa Gunawan.

 


Kalender

Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31

Berita Terbaru

Label