Komunikasi Sosial

Tideng Pale, Pemerintah Kabupatan Tana Tidung melaksanakan kegiatan komunikasi sosial yang dilaksanakan di gedung Pendopo Djaparudin, Minggu (17/9/2017). Kegiatan ini mengambil tema  “melalui komunikasi sosial TNI, kita jalin hubungan silahturahmi antara TNI dengan komponen bangsa dalam rangka memperkuat ketahanan nasional di wilayah”, dengan nara sumber Asisten Teritorial Mabes TNI, diwakili oleh Paban IV/Komsos Ster TNI, Kolonel Kav Achmad Said, S. Sos. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Tana Tidung.

Bupati Tana Tidung, H.Undunsyah dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kesediaan hadirnya Asisten Teritorial Panglima TNI diwakili oleh Paban IV/Komsos Ster TNI, Kolonel Kav Acmad Said dalam kegiatan komunikasi sosial ini.

Kabupaten Tana Tidung diusianya 10 tahun telah banyak melakukan koordinasi secara intens dengan adanya forum-forum komunikasi yang melibatkan berbagai pihak, baik itu tentang kondisi keamanan secara umum di Provinsi Kalimantan Utara maupun Kabupaten Tana Tidung secara khusus. Dengan adanya program peningkatan keamanan lingkungan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Tana Tidung, kegiatan komunikasi sosial ini bisa memberikan wawasan yang lebih mendalam lagi terkait kerjasama dan koordinasi antara jajaran pemerintah dan TNI/Polri,” ungkapnya.

Mencermati kondisi tersebut, lanjutnya lagi, tentunya memberikan gambaran kepada semua pihak bahwa TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat perlu memiliki visi dan misi yang sama untuk menciptakan suasana kehidupan di masyarakat yang damai, rukun, dan kondusif. Kerukunan juga mempunyai arti penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena kerukunan akan dapat menjamin stabilitas keamanan di wilayah yang dapat membantu pembangunan pada segala bidang. Secara umum penyelenggaraan pemerintahan terutama peningkatan keamanan lingkungan di KTT mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga tingkat desa sudah berjalan dengan baik dan lancar.

Hal ini tentu saja tidak lepas dari semakin kondusifnya situasi kerja sama yang baik seluruh jajaran aparatur pemerintah daerah, unsur Muspida, jajaran TNI/Polri, tokoh agama, tokoh adat, dan elemen masyarakat KTT, ujarnya.

Namun tidak dapat dipungkiri dengan adanya perubahan lingkungan yang diakibatkan oleh pengaruh perkembangan lingkungan strategis global dalam satu tahun terakhir ini, diketahui bersama masih didominasi oleh isu-su atau hoax dalam perkembangan politik, ekonomi global, terorisme, demokratisasi, lingkungan hidup, dan peperangan antar negara yang dipicu oleh penggunaan dan pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

 “Terkait tentang hal kegiatan praktis tersebut berdampak luas terhadap dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, Sehingga perlu adanya upaya yang kongkret untuk meningkatkan wawasan kebangsaan sebagaimana yang dilaksanakan saat ini, ungkapnya.

Dari pertemuan komunikasi sosial ini, semua pihak diharapkan berupaya memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis antara setiap pihak, sehingga dapat diperoleh persamaan persepsi dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi, sehingga akan terpeliharanya keharmonisan dan sinergitas.

“Ikatan kebersamaan yang baik perlu ditumbuhkan suburkan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan, yang sangat diperlukan guna menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, agar kerja sama yang baik akan terus terbina pada masa yang akan datang,” tuturnya.

Asisten Teritorial Panglima TNI melalui Paban IV/Komsos Ster TNI, Kolonel Kav Acmad Said mengatakan kondisi bermasyarakat yang baik khususnya persatuan dan kesatuan masyarakat di KTT semakin terus diperkuat dan terus dijaga. Dengan demikian masyarakat di KTT sudah secara maksimal turut membantu pemerintah KTT dalam upaya dan proses pembangunan di KTT.

“Sehingga persatuan dan kesatuan di KTT tidak mudah digoyahkan oleh adanya  informasi yang tidak benar atau hoax pada media sosial. Masyarakat diharapkan mampu mendeteksi apabila ditemukan hal yang ganjal di masyarakat dan segera menginformasikan kepada aparat, agar dapat segera dilakukan langkah ansitipasi,” tutupnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), instansi vertikal TNI/Polri dan perbankan, Asisten Teritorial Panglima Tentara Nasional Indonesia yang diwakili oleh Paban IV/Komsos Ster TNI, Kolonel Kav Acmad Said juga turut hadir ketua adat, pemangku adat, Majelis Adat Tidung Ulun Pagun Kabupaten/kota se-Kalimantan Utara, serta tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda di KTT.

 


Kalender

Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31

Berita Terbaru

Label