Inspeksi mendadak ke sejumlah toko obat dan apotek di Tideng Pale

Tideng Pale, Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Tana Tidung bersama Dinas Kesehatan (Dinkes), Satpol PP, Humas dan Diskominfo melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah toko obat dan apotek di Kabupaten Tana Tidung. Jumat (9/2/2018).

Tim gabungan yang terdiri dari Disperindagkop, Dinkes Satpol PP, Humas, Diskominfo merazia sejumlah Apotek yang menjual Obat Viostin DS dan Enzyplex diantaranya Apotek Mulya Jalan Jenderal Sudirman, Apotek Cahaya Farma yang juga berada di Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Sesayap untuk melihat apakah mereka menyediakan suplemen Viostin DS dan Enzplex tablet yang telah dilarang edar oleh BPOM karena mengandung DNA babi. Jika tersedia maka Dinkes dan Disperindagkop akan segera menarik produk tersebut dan mengimbau pemilik atau pengelola toko obat serta apotek, agar tidak lagi menjual dan menyediakan suplemen tersebut.

Sesuai dengan hasil sidak, tidak ditemukan kedua produk suplemen Viostin DS dan Enzplex tablet yang telah dilarang edar oleh BPOM karena mengandung DNA babi.

Wirahadi Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindagkop mengatakan sidak ini menindaklanjuti hasil temuan BPOM yang memastikan bahwa kedua produk suplemen tersebut mengandung DNA babi dan sudah dilarang edar.

Kabid Perdagangan Disperindagko mengimbau kepada pengelola toko obat dan apotek yang mereka datangi, untuk tidak menjual dua produk suplemen tersebut ke depannya.

"Juga sebagai upaya untuk melindungi masyarakat dan konsumen atas produk suplemen yang tidak halal dan berbahaya," katanya.

Bery Darmawan pemilik Apotek Mulya Dijalan Jenderal Sudirman itu mengatakan, kami selaku pemilik Apotek mengikuti saja peraturan yang berlaku karna memang demi keamanan konsumen, jauh sebelumnya kami sudah mengamankan obat Viostin DS.

"Sebelum kami mendapatkan edaranya kami sudah mengamankan barang tersebut, karna sudah mendapatkan info lebih awal jadi biar lebih aman barangnya sudah kita amankan. Sebelum distributor suruh tarik kita yang pro aktif untuk mengembalikan barangnya,"ujar Bery. (Diskominfo-KTT)


Kalender

Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28

Berita Terbaru

Label