HJ. UMI SUHARTINI MEMBAGIKAN 1000 KARTU IDENTITAS ANAK (KIA)

Tideng Pale, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tana Tidung membagikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Sekolah Paud Permata Bunda, (Kamis 12 Oktober 2017.

Dengan telah terbitnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk anak-anak. KTP bernama Kartu Indentitas Anak (KIA) itu diterbitkan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak. Berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak, KTP anak ini terdiri dari 2 jenis. Yaitu untuk anak yang berusia 0-5 tahun dan untuk anak 5 sampai 16 tahun.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Hj. Umi Suhartini, S.Pd. MH langsung membagikan Kartu Identitas Anak (KIA) di salah satu Sekolah Paud di Kabupaten tana Tidung, Ibu Umi juga menjelaskan bahwa Kartu KIA ini sangat Penting dimiliki Anak-anak kita karena manfaat dari kartu KIA ini sangat banyak misalnya saja ketika anak sakit dirumah sakit kita tidak lagi diminta kartu keluarga karena di Kartu KIA sudah ada NIK anak, NIK kartu Keluarga nama Orang tua anak, katanya.

Lanjutnya, cukup dengan menggunakan Kartu KIA ini kita sudah dapat dilayani di Rumah Sakit, diPerbankan, di Sekolah dan di Imigrasi dan inilah manfaat dari Kartu KIA ini buat anak kita. “Saya menghimbau kepada Guru-guru dan orang tua murid agar dapat mengurus dan memiliki kartu KIA untuk mempermudahkan para orang tua dan ini juga sebagai KTP untuk anak, ujarnya.

Tambahnya, Kartu KIA ini juga diseluruh indinesia yang baru pertama kalinya hanya di Kabupaten Tana Tidung bagian Utara. Dan kita harus berbangga karena kartu Identitas Anak (KIA) baru yang pertama di Kabupaten Tana Tidung. bagi orang tua yang ingin mengurus kartu KIA segera datang ke Capil karna dalam satu daerah hanya 1000 kartu KIA yang tersedia dalam 6 bulan sampai 1 tahun.

Nantinya kami juga akan memberikan baleho disetiap jalan agar masyarakat mengetahui persyaratan pembuatan kartu KIA dan capil siap melayani para orang tua yang ingin mengurus kartu KIA dan Capil siap melayani 24 jam dalam artian meski tidak dikantor ditelepon petugasnya akan datang kerumah. Mudah-mudahan kerja sama Disdukcapil dengan masyarakat dapat berjalan dengan lancar, Tutur Hj. Umi Suhartini yang sekaligus Istri dari Bapak Dr. H. Undunsyah.MH.,M.Si Bupati Kabupaten Tana Tidung.

Dan hal tersebut selama anak tersebut telah memiliki akta kelahiran dan tercantum dalam kartu keluarga yang dimiliki orang tua dan keluarganya. KTP tersebut akan menjedi Identitas selama hidupnya.

Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) diperlukan agar anak yang berusia o hingga 17 tahun (Kurang satu hari) memiliki dokumen kependudukan sehingga memudahkan anak dalam mengurus berbagai dokumen.

KIA ini akan menjadi ytanda pengenal atau bukti diri yang sah bagi anak saat melakukan pelayanan publik seperti saat mengurus paspor atau kalau mau ke puskesmas.

Semua orang tua yang memiliki anak di bawah usia 17 tahun mulai sekarang sudah bisa memproses kartu identitas semua keluarganya.

Untuk anak-anak dibawah usia 17 tahun ini diberikan KIA (Kartu Identitas Anak) kartu tersebut setara dengan kartu tanda penduduk

Selama ini untuk anak yang sudah sekolah identitasnya berupa kartu pelajar, namun bagi anak yang belum sekolah identitasnya hanyalah berupa Akte yang riskan untuk dibawa-bawa. KIA ini konsepnya seperti kartu tanda penduduk (KTP) yang memberikan identitas serta tercatat dalam kependudukan masing-masing daerah.


Kalender

Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31

Berita Terbaru

Label