Festival Tari Pesisir dan Pedalaman warnai HUT KTT

Tideng Pale, Festival tari kreasi daerah pesisir dan pedalaman tingkat Kabupaten Tana Tidung masih dalam rangkaian pesta rakyat dan budaya dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 dan HUT Kabupaten Tana Tidung ke-10 Tahun 2017 dilaksanakan di Gedung Pendopo Djaparuddin, Selasa (12/9/2017). Bupati Tana Tidung Dr. H. Undunsyah, MH., Msi yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Uus Rusmanda, A.Ks.,M.HP membuka secara resmi festival tari kreasi daerah pesisir dan pedalaman tingkat Kabupaten Tana Tidung yang diadakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tana Tidung.

Tujuan dari kegiatan ini merupakan untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya daerah yang merupakan aset kebudayaan nasional, menumbuh kembangkan kecintaan generasi muda dan masyarakat dalam mencintai seni dan budaya daerah, untuk meningkatkan keterampilan diri melalui kesenian dan menjalin tali persaudaraan antar seniman dan group kesenian.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Uus Rusmanda, A. Ks., M.HP dalam sambutannya mengungkapkan acara festival tari kreasi daerah pesisir dan pedalaman tersebut masih bagian dari rangkaian pesta rakyat dan budaya dalam memperingati HUT RI ke-72 dan HUT Kabupaten Tana Tidung ke-10 Tahun 2017. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Uus Rusmanda, A. Ks., M.HP menyampaikan apresiasinya atas suksesnya kegiatan tersebut.  Lanjutnya, di masa pemerintahan saat ini, mencanangkan kebudayaan lokal sebagai salah satu bagian dari nawacita presiden.  Tujuan utama pemerintahan saat ini yaitu memperkenalkan dan mengangkat kebudayaan lokal serta membentuk kebudayaan lokal sebagai basis pembangunan budaya dan karakter bangsa, di mana seni budaya menjadi pilar utama dalam membangun kepribadian. Serta memperkuat kearifan lokal sebagai falsafah nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Uus Rusmanda, A. Ks., M.HP mengajak seluruh pihak terutama bagi pemerhati seni, untuk melakukan evaluasi, terus berbenah demi perkembangan dunia seni dan saling kerja sama. Dengan adanya kerjasama yang baik, segala bentuk kesenian dan kebudayaan lokal akan tetap lestari, semakin inovatif sehingga mampu bersaing dalam tatanan global yang dinamis. Lanjutnya, untuk kedepannya saya berharap kualitas pelaksanaan kegiatan dapat terus ditingkatkan dan semoga kedepannya akan lebih baik dan peserta yang mengikuti dapat semakin bertambah.

Meningkatkan kesadaran akan keragaman budaya (Bebhinekaan) untuk mendukung terwujudnya karakter dan jati diri bangsa yang memiliki ketahanan budaya. Apalagi ditengah gempuran budaya luar yang lama kelamaan semakin menggerogoti budaya lokal yang lebih dulu ada, ungkapnya.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan dalam pengembangan kreativitas dan produktivitas bagi para pelaku seni yakni dengan memberikan ruang gerak untuk berkreasi. Kegiatan ini menjadi salah satu ajang ekpresi, kreativitas dan inovasi sekaligus pencapaian prestasi dari para pelaku seni, ujarnya.

Festival tari ini juga sebagai salah satu upaya dari pemerintah untuk mengajak masyarakat untuk terus mencintai dan berupaya melestarikan kebudayaan lokal, salah satunya berupa tarian tradisional baik tari pesisir maupun tari pedalaman.

Adapun hadiah yang diberikan untuk peserta pemenang juara I sebesar 10.000.00, II sebesar 7.500.000, III sebesar 5.000.000 ditambah piala dan sertifikat penghargaan.

Animo masyarakat Tana Tidung sangat tinggi dengan kegiatan ini, dengan dilihat banyaknya peserta yang mendaftar dalam mengikuti festival tari kreasi daerah pesisir dan pedalaman ini. Festival tari kreasi daerah pesisir dan pedalaman diikuti oleh 15 group, dengan kategori Tari Pesisir (Jepen) 10 group, Tari Pedalaman 5 group.

Untuk pemenang kategori Tari Kreasi Pesisir :

Juara 1 : Group Iluk Taka

Juara 2 : Group Imggulung Taka

Juara 3 : Pemuda Taka

Pemenang Kategori Tari Kreasi Pedalaman :

Juara 1 : SMA Terpadu Unggulan

Juara 2 : Barongsai

Juara 3 : SDN 008 Sesayap


Kalender

Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31

Berita Terbaru

Label