Diklat Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah oleh BPKAD KTT

Pemerintah Kabupaten Tana Tidung melalui BPKAD Tana Tidung menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah bagi Pegawai di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung yang dilaksanakan di Pusdiklat BPKP Ciawi Bogor. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin 6 November - Jumat 10 November 2017 dan dihadiri oleh Bendahara Pengeluaran, Pengurus dan Penyimpan Barang serta Pejabat Penatausahaan Keuangan atau Pembuat Laporan Keuangan dari masing-masing OPD.

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah bagi Pegawai di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bupati Tana Tidung Markus, SE.,MM.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Tana Tidung Markus, SE., MM menyampaikan bahwa keuangan negara harus dikelola dengan berbagai unsur didalamnya :  tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efektif dan efisien, transparan, serta bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.

Dalam menjalankan roda pemerintahan, semua yang dikerjakan oleh Pemerintah Daerah harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat melalui mekanisme yang telah diatur. Salah satunya dengan laporan keuangan daerah yang dalam periode tertentu harus disusun  serta dapat dipertanggungjawabkan, jelasnya.

Terkait dengan hal ini melalui kementerian keuangan menerapkan sisten reward and punishment dalam penyusunan laporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dimana pemerintah daerah berkewajiban untuk menyusun laporan keuangan dapat menunjukkan kondisi riil di daerahnya masing-masing, terangnya.

Dalam kesempatan ini, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tana Tidung, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerja bersama untuk pelaksanaan kegiatan ini terutama kepada kepala Pusat Diklat BPKP Ciawi, Bogor atas kesediaannya menerima kami dari Kabupaten Tana Tidung dalam pelaksanaan kegiatan ini dan kepada para widyaiswara dan instruktur, saya meminta bantuannya dalam membagikan ilmu dan pengalaman kepada seluruh peserta pendidikan dan pelatihan yang hadir dalam kesempatan ini, ungkapnya.

Kepada seluruh peserta pendidikan dan latihan, ikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan baik dan jangan sungkan untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami agar dalam pelaksanaan yang sebenarnya tidak terjadi kesalahan yang seharusnya tidak perlu, tuturnya.

Lanjutnya, saya berharap kehadiran bapak-ibu disini tidak hanya sekadar hadir memenuhi undangan namun harus ada manfaat yang diperoleh yang nantinya akan dipergunakan dalam berbagai kegiatan utamanya dalam pengelolaan keuangan. Melalui kegiatan ini menjadi pemicu semangat dan keinginan dari seluruh perangkat daerah untuk meningkatkan kemampuan untuk menyusun, merencanakan dan mengelola anggaran pembangunan secara tertib, transparan dan akuntabel sesuai dengan perencanaan pembangunan daerah yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka pendek dan jangka menengah, terangnya.

Sebelum menutup sambutannya, Wakil Bupati Tana Tidung Markus, SE., MM mengajak semua pihak khususnya seluruh perangkat daerah untuk dapat segera melakukan pembenahan administrasi yang berkaitan dengan pertanggungjawaban keuangan serta menaruh perhatian serius dalam pelaksanaan konsolidasi guna tercapainya kualitas laporan keuangan yang lebih baik.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati menghimbau kepada peserta untuk terus tingkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan serta terus berupaya mendorong efisiensi atas kegiatan-kegiatan yang dilakukan dan mendorong terwujudnya pemerintahan yang bersih. 


Kalender

Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30

Berita Terbaru

Label